Creating a New Brand "Pawsy Petsy" ( Assignment )



CHAPTER I
Executive summary

Mayoritas masyarakat diIndonesia memiliki keminatan dan ketertarikan dalam memelihara hewan peliharaan. Rata-rata masyarakat di Indonesia memiliki aktivitas yang sangat padat diluar rumah, seperti melakukan pekerjaan di kantor, melakukan kegiatan belajar di sekolah dan kampus, pergi berliburan keluar kota ataupun keluar negeri, dan lain-lain.
Kini perkembangan teknologi diIndonesia sudah sangat berkembang dalam segi apapun, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk munculnya produk-produk yang berinovasi dengan teknologi untuk kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Di karenakan banyaknya aktivitas masyarakat pemelihara hewan yang cukup padat mengakibatkan ketidak teraturannya pemelihara hewan dalam memberi makanan kepada hewan peliharaannya, maka teknologi yang sudah cukup berkembang secara pesat di Indonesia akan cukup membantu para pemelihara hewan dengan diciptakannya sebuah produk alat pemberi makan otomatis kepada hewan peliharaan.

Untuk itu kami akan menganalisa langsung menggunakan PEST (Political, Economy, Social, Technology) + EL (Environmental dan Legal)

           Political
Melihat sistem pemerintahanan di Indonesia melihatkan bahwa pemerintah Indonesia menginginkan adanya inovasi baru oleh Sumber Daya Manusia agar meningkatkan lapangan pekerjaan untuk mengurangi kemiskinan. 

           Economy
Melihat ekonomi di Indonesia yang berkaitan dengan teknologi yang cukup membantu kebutuhan masyarakat, akan sangat menguntungkan dalam perputaran usaha bisnis .

           Social
Melihat banyaknya masyarakat di Indonesia, yang selalu berketergantungan dengan smartphone akan mempermudah masyarakat dalam mengakses, mengontrol, dan berinteraksi.
 
           Technology
Melihat perkembangan teknologi di Indonesia yang menciptakan teknologi baru dengan perpaduan teknologi lama yang kemudian di inovasikan sehingga terciptanya sebuah gagasan teknologi baru. Ditambah dengan adanya smartphone yang mempermudah untuk kegiatan aktivitas masyarakat.

           Environmental
Melihat lingkungan di Indonesia yang peduli ramah lingkungan nantinya yang akan berpengaruh kepada kebutuhan dan perekonomian masyarakat.

           Legal
Di Indonesia hukum yang berlaku mengenai usaha dan perdagangan sangatlah kuat berdasarkan Undang-Undang yang sudah berlaku di Indonesia. Apabila jika nantinya akan ada produk tiruan makan dapat diajukan untuk diberi sanksi yang sudah tertera di Undang-Undang.

Berdasarkan data yang sudah didapat dari analisa PEST+EL kami akan menganalisa usaha bisnis analisa SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, dan Threat)

Strength
           Mempermudah pemelihara hewan dalam memberi makan peliharaannya.
           Menjaga pola keteraturan makan hewan peliharaan.
           Membuat waktu ativitas pemelihara hewan menjadi lebih efisien.


Weakness
           Biaya produksi yang cukup tinggi.
           Resiko kerusakan cukup tinggi dalam pengiriman produk.

Oppurtunity:
           Banyak pemelihara hewan yang sibuk dengan aktivitas diluar rumah.
           Banyak asisten rumah tangga yang keberatan merawat hewan peliharaan.
           Daya ingat manusia yang terkadang lupa untuk memberi makan hewan peliharaannya.

Threat:
           Munculnya competitor baru yang akan lebih berinovasi.



CHAPTER II
Market analysis

I.       Product and competitor analysis

Product Analysis

Dari produk pemberi makanan hewan peliharaan di Indonesia secara otomatis yang belum terjamah di masyarakat Indonesia. kami ingin mencipatakan sebuah produk baru yaitu pemberi makanan hewan peliharaan secara otomatis.

Produk ini berbentuk sebuah box tempat makanan seperti box kontainer yang terhubung dengan koneksi wi-fi dan port kabel usb untuk mengsinkronisasi kan antara box tempat makanan yang terhubung koneksi wifi dengan aplikasi smartphone nya untuk mengatur kapan kita akan memberi makanan nya serta berapa banyak (gram) nya yang akan di berikan. Box tempat makanan ini menggunakan tenaga kabel listrik dan terdapat tena cadangan.

Produk ini terdapat wadah penampungan bahan makanan yang terpisah yang nantinya bisa digantiganti sesuai kebutuhan yaitu berupa wadah; small, medium, large dan extra large yang tiap ukuran nya mempunyai takaran makanan dengan ukuran kilo gram yang berbeda sesuai yang dibutuhkan.

Competitor Analysis

Direct
Orang-orang yang membuat mesin pemberi makan otomatis secara manual, atau disebut juga DIY ( Handmade ) tanpa menggunakan teknologi canggih yang memiliki biaya produksi lebih murah.

Indirect
Competitor dengan produk yang sama yang telah ada di International yakni Pintofed.

 ii. Opportunity analysis 
                     
Berdasarkan riset kepada para pemilik hewan peliharaan, banyak yang melakukan aktivitas lebih banyak di luar rumah dibandingkan dirumah sehingga hewan peliharaan yang dirawat dirumah kurang terperhatikan pola makannya. Dengan adanya alat ini akan mempermudah kepada para pemilik hewan untuk memberikan makanan kepada hewan peliharaannya secara teratur.
  
iii. Target Segment Strategy

Geographic:
           Jabodetabek,
           Kota-kota besar lainnya seperti: Bandung dan Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya

Demographic:
            SES : B+ sampai dengan A
            Age : 21 – 45
            Pekerjaan : Mahasiswa dan Pekerja

Psychographic:
           Orang yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak ada waktu yang banyak untuk merawat hewan peliharaannya.
           Orang yang tidak memiliki pengurus hewan peliharaannya yang bersedia untuk memberi makan setiap hari
           Orang yang suka dengan hal-hal instan untuk merawat hewan peliharaannya
           Pet shop yang membuka service yaitu penitipan hewan yang secara mudah tidak perlu menyediakan pegawai yang banyak untuk melayani hewan peliharaan customer melainkan hanya dengan menggunakan e-feader saja hewan peliharaan akan diberi makan.



CHAPTER III
Solution and Concept (Of the business)


Problem

Pada umum nya banyak pemeliharan hewan yang memiliki aktivitas yang cukup padat di luar rumah, sehingga pemeliharaan hewan cukup kesulitan dalam memberi makanan kepada hewan peliharaan nya secara teratur. Dan juga pada umum nya banyak asisten rumah tangga yang cukup keberatan untuk merawat hewan peliharaan majikan nya.

Solusi

Dengan membuat teknologi dengan inovasi baru untuk memberi makanan hewan peliharaan secara otomatis yang menggunakan koneksi wi-fi dan aplikasi smartphone. Produk ini menyediakan keringan untuk pemelihara hewan dalam memberi makanan secara teratur ketika pemelihara hewan sedang melakukan aktivitas di luar.

Konsep

Produk ini berbentuk sebuah box tempat makanan seperti box kontainer yang terhubung dengan koneksi wifi untuk mengsinkronisasi kan antara box tempat makanan yang terhubung koneksi wifi dengan aplikasi smartphone nya untuk mengatur kapan kita akan memberi makanan nya serta berapa banyak (gram) nya yang akan di berikan. Box tempat makanan ini menggunakan tenaga kabel listrik dan terdapat tenaga cadangan.










CHAPTER IV
Marketing and Promotion


i.              Pricing strategy

Dalam kaitannya saat ini kita menggunakan strategy untuk menentukan harga, berikut ini strategy kami dalam menentukan harga:

·      Price Skimming

Price skiming is a pricing strategy to set a high price before other competitors come to the market. This strategy suit best when there are few or no competitors in the market.

·      Competitor Based Pricing

Competitor Based Pricing is a pricing strategy by defining the lowest price and highest price from available competitors in the market and deciding at which price consumer will buy your product.

·      Bundle Pricing

Small businesses sell multiple products for a lower rate than consumers would face if they purchased each item individually. Not only is bundling goods an effective way of moving unsold items that are taking up space in your facility, but it can also increase the value perception in the eyes of your customers, since you’re essentially giving them something for free.  Examples: Burger King with value meals


Kita akan memilih price skimming karena alasannya adalah kompetitor terberat kita adalah produk dari luar negeri, akan tetapi di Indonesia sendiri belum ada distributor untuk produk luar negri tersebut. Kita akan memasang harga yang tidak jauh dari produk tersebut walaupun biaya produksi produk kami tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Harga jual kami akan kita sesuaikan dengan harga jual produk dari luar negeri tersebut.

Akan tetapi kami akan menggunakan Bundle Pricing yaitu menjual
alat satu paket dengan makanannya.

ii.      Promotion strategy

Untuk melancarkan kegiatan promosi kita , kita akan menggunakan tools dari kegiatan promosi seperti:

           Advertising

1.         Above The Line
Untuk melancarkan promosi kami menggunakan materi promosi dengan jangkauan yang luas seperti:
a.         Poster: Poster akan diletakkan di pet shop yang hadir di Indonesia. Dengan mencatumkan nama-nama petshop yang telah menjadi authorized seller dari produk ini.
b.         Sosial Media : Akan memperlihatkan e-poster dari produk kami dengan wadah social media. Sosial media yang digunakan ialah Instagram dan Facebook. Dimana dalam Instagram kami akan mempeerlihatkan feeds yang cantik dan di Facebook dimana Facebook terlihat sekali banyak komunitas pecinta anjing dan kucing.

2.         Below The Line
Untuk melancarkan promosi kami menggunakan materi promosi yang lebih dekat lagi dengan audience seperti:
1.         Brosur: Brosur akan kami letakkan di authorized seller kita yang dan juga pet shop lainnya yang akan bekerja sama dengan kita.

           Personal Selling dan Event

Personal selling akan kami gunakan ketika terdapat event yang berhubungan dengan pets atau hewan peliharaan seperti: Indo Pet Expo. Dimana pada event tersebut kami menjadi tennant dalam creative market yakni dengan menjual produk e-feader. DIdalam dalam booth tersebut terdapat SPG ( Sales Promotion Girl ) yang akan membantu untuk ikut serta memberi informasi yang lebih luas lagi dan juga lebih dekat lagi dengan masyarakat.

Komentar